Guru Blogger IDClose

Jumat, 23 Oktober 2020

Cara Budidaya Udang Windu yang Baik dan Menguntungkan

gurublogger-id.blogspot.com - Bila bicara soal peluang usaha pasti akan ada banyak sekali peluang yang bisa kalian coba, setelah beberapa waktu lalu saya memberikan informasi tentang Peluang usaha budidaya belut sawah, lalu pada kesempatan kali ini saya akan coba memberikan informasi tentang peluang usaha budidaya udang windu.
 

Peluang ini bisa dikatakan memiliki prospek yang bagus mengingat banyak masyarakat lokal maupun manca negara yang meminatinya, sekarang ini juga mulai banyak dikembangkan budidaya ini karena mengingat permintaan pasar akan udang windu semakin meningkat yang tidak diimbangi oleh para penyuplai udang windu.

Sebenarnya untuk memulai usaha budidaya udang windu ini tidaklah sulit tapi yang menjadi permasalahan biasanya lahan untuk budidaya karena udang windu ini paling cocok diternak di area tambak pinggir pantai jadi mungkin dari kalian yang tidak memiliki lahan di dekat pantai akan kesulitan untuk memulai budidaya ini. 

Bila kalian memang serius untuk memulai usaha ini harus mempersiapkan hal-hal sebagai berikut.

Peluang usaha dan cara budidaya udang windu yang menggiurkan

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk budidaya usahakan agar bisa kuat menahan air dan membuang air supaya kualitas airnya akan terjaga, untuk dasar tambaknya sendiri usahakan memiliki tanah yang kondusif karena udang biasanya sangat aktif di dasar tanah untuk mencari makan supaya pertumbuhan dan kehidupannya bisa baik. 

Untuk pelengkapnya bisa ditambahkan kapur supaya pH tanahnya menjadi 6.0 dan selalu berikan pupuk organik supaya pakan alami untuk udang selalu ada.

Pengairan tambak

Air yang digunakan untuk budidaya ini sebaiknya bebas dari hama atau polutan yang berbahaya, pada saluran irigasi air bisa dipasang penyaring agar kotoran-kotoran air bisa tersaring dan tidak masuk dalam tambak. 

Bila kondisi tambak dan air sudah siap bisa memulai untuk menyebarkan benih udang dan pastikan bahwa benih yang disebarkan itu sehat, ciri-ciri benih yang sehat itu seperti responsif, organ tubuhnya lengkap, serta warna tubuh yang transparan disertai warna kecoklatan atau kehitaman. 

Untuk memasaukkan benih pada tambak terlebih dulu benih harus dimasukkan dalam plastik dan ditaruk di sekitar atau di pojok tambak lalu dengan sendirinya secara perlahan benih itu akan keluar menuju tambak, hal ini dilakukan supaya benih udang tersebut terhindar dari stres di tempat yang baru.

Pemberian pakan

Untuk tahapan awal budidaya ini berikan crumble dengan dibasahi air agar mudah tenggelam, untuk pemberian pakan ini harus diperhatikan dengan baik semisalnya antara 5 sampai 7 hari sebelum bulan purnama berikan tambahan pakan sekitar 10% lalu saat bulan purnama pemberian pakan dikurangi 10 hingga 20 %. 

Bila temperatur berkurang hingga 25 derajat biasanya bulan juli sampai september pemberian pakan bisa dikurangi sampai 30%.

Masa panen

Untuk bisa memanen udang windu biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan, untuk memanen udang sebaiknya dilakukan pada malam hari supaya udang tidak rusak karena tingginya temperatur pada siang hari.

Demikianlah informasi tentang peluang serta cara budidaya udang windu, semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian yang sedang ingin memulai usaha ternak ini, sekian dari saya dan terima kasih.
Facebook Twitter Google+

Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Udang Windu yang Baik dan Menguntungkan"

Posting Komentar

© 2017 Guru Blogger ID | Theme by GuruBlogger ID & GuruBloggerid