Guru Blogger IDClose

Senin, 24 Agustus 2020

Beberapa Tips Agar Nafsu Makan Ayam Kampung Bertambah

gurublogger-id.blogspot.com - Ayam kampung merupakan salah satu unggas yang populer dikalangan masyarakat, buktinya banyak dari mereka yang memeliharanya untuk diternak atau pun hanya sekedar untuk peliharaan saja, baca juga artikel tentang cara beternak ayam potong.


Saya sendiri pun dulu gemar memelihara ayam kampung sebab hasil yang diperolehnya pun lumayan untuk menambah uang jajan namun sekarang ini saya kurang minat untuk memeliharanya lagi sebab banyak aktifitas yang kadang membuat saya jarang dirumah sehingga tidak ada kesempatan untuk mengurusinya.

Bicara soal mengurusinya sebenarnya tidak ada hal khusus yang harus dilakukan sebab ayam kampung itu bisa dipelihara dengan cara diumbar atau diliarkan, hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi beban pakan yang biasanya menjadi problem bagi pemelihara ayam kampung namun langkah untuk mengumbarnya ini saya rasa tidak cukup efektif sebab akan ada beberapa dampak yang akan terjadi terhadap ayam, salah satunya pertumbuhan ayam tidak bisa terkontrol sehingga akan berpengaruh pada berat badannya yang tidak optimal.

Pertumbuhan yang tidak optimal ini kan menyebabkan penurunan daging yang dihasilkan sehingga kadang hal ini akan menjadi masalah andai kata ayam itu akan dijual karena harganya pasti tidak akan maksimal, agar hal tersebut tidak terjadi ada baiknya walaupun diliarkan namun ayam juga diberi beberapa pakan dengan kandungan gizi yang baik agar pertubuhannya pun bisa optimal.

Namun walaupun ayam sudah diberikan pakan yang nilai gizinya sudah mencukupi namun kadang ada yang tetap saja berat tubuhnya kurang, hal ini mungkin terjadi karena nafsu makannya itu sedikit terganggu dan untuk mengatasinya ada berbagai macam cara namun bagi kalian yang masih merasa kesulitan untuk menambah nafsu makan ayam kalian bisa membaca beberapa tips menambah nafsu makan ayam kampung dibawah ini.

Beberapa tips agar nafsu makan ayam kampung bertambah:

1. Memilih jenis pakan yang berkualitas

Pakan yang berkualitas menjadi salah satu faktor penting dalam usaha memelihara ayam namun kalian juga harus bisa menyesuaikan jenis pakan apa yang harus diberikan kepada ayam, hal ini bisa dilihat dari kebutuhan si ayam tersebut, misalnya ayam yang akan diambil dagingnya bisa diberikan konsentrat pedaging lalu untuk ayam yang akan diambil telurnya bisa diberikan konsentrat petelur, selain itu kalian juga bisa menambahkan pakan lain seperti jagung, untuk jagungnya sendiri usahakan jenis jagung kuning sebab jagung kuning memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari pada jagung yang lainnya. Untuk menambahkan kadar protein bisa diberikan tepung ikan dan juga dedak bekatul yang halus dan masih baru.

2. Komposisi pakan yang diberikan

Untuk komposisi pakan yang diberikan sebaiknya jangan diubah-ubah semisal saja kalian memberikan pakan untuk ayam dengan komposisi konsentrat, jagung, dedak bekatul 20:40:40 maka komposisi itu jangan terlalu sering diubah karena ayam harus menyesuaikan kembali dengan rasa komposisi itu. Namun untuk komposisi ransum itu bisa disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, misalnya saja untuk daerah dingin kandungan karbohidrat serta proteinnya perlu ditingkatkan.

3. Menambahkan beberapa dedaunan untuk pakan tambahan

Menambahkan beberapa daun atau sayuran kedalam pakan ayam seperti daun pepaya, singkong, bayam, lengko, pegagan dan yang lainnya itu bisa mendapatkan beberapa manfaat, selain bisa menghemat beban pakan yang dikeluarkan juga dedaunan tersebut memiliki berbagai kadar nutrisi yang bagus sehingga apabila diberikan kepada ayam bisa berdampak baik, untuk pemberiannya bisa dilakukan dengan mengirisnya secara tipis-tipis lalu merebusnya untuk kemudian dicampurkan dalam pakan yang akan diberikan kepada ayam.

4. Memberikan obat cacing secara berskala

Pemberian obat cacing ini bisa menjadi salah satu hal penting sebab ayam yang nafsu makannya kurang itu bisa terjadi karena berbagai hal, selain kemungkinan sedang sakit juga bisa karena cacingan, untuk mengatasi cacingan tersebut bisa diberikan obat cacing secara rutin misalnya saja 2 atau 3 bulan sekali tergantung keadaan ayam itu sendiri.

5. Memberi pakan dengan jumlah yang disesuaikan

Maksudnya ini berikanlah pakan ayam yang disesuaikan dengan kebutuhan dan juga jumlah ayam itu sendiri, hal ini dilakukan agar tidak ada pakan yang tersisa sehingga bisa merugikan, selain bisa merugikan juga ada beberapa dampak yang akan terjadi salah satunya akan menimbulkan bau yang lama-kelamaan akan munculnya bakteri yang bisa mengganggu kesehatan ayam itu sendiri. Dan ini sekedar tips saja bahwa bila kalian bertempat tinggal didaerah yang dingin bisa mencampurkan komposisi pakan dengan air hangat supaya ayam tidak merasa dingin saat memakannya.

Demikianlah tips menambah nafsu makan ayam kampung semoga informasi ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari saya dan terima kasih.
Facebook Twitter Google+

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Tips Agar Nafsu Makan Ayam Kampung Bertambah"

Posting Komentar

© 2017 Guru Blogger ID | Theme by GuruBlogger ID & GuruBloggerid