Kumpulan Contoh Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Menarik di WA, FB dan IG
Sebagai
seorang pebisnis makanan, tentu Anda perlu benar-benar memahami bahwa
tugas Anda bukanlah hanya sekedar menyajikan hidangan-hidangan makanan
yang nikmat, melainkan juga merumuskan strategi untuk memperkenalkan
makanan tersebut. Bagian terakhir inilah yang biasa kita sebut dengan
promosi.
Promosi
memiliki peran yang sangat besar terhadap popularitas suatu produk
makanan. Tanpa teknik promosi yang mendukung, perkembangan bisnis akan
menjadi lamban karena kalah dengan promosi produk-produk makanan serupa
lainnya. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu kemungkinan terburuk,
yaitu kebangkrutan.
Lalu, bagaimana sebenarnya cara promosi
makanan yang baik itu? Apa saja unsur-unsur yang harus disertakan dalam
promosi? Bagaimana membuat kalimat persuasif yang menggoda? Bagaimana
meyakinkan pembeli untuk mencicipi produk Anda?
Promosi Efektif Berbekal Sosial Media Seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp
Sosial
media kini mulai menjelma menjadi jagad dunia baru yang paling sering
dikunjungi oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Bagi seorang pebisnis, hal ini menguntungkan karena media yang paling
banyak diakses orang ini akan sangat potensial apabila dijadikan lahan
promosi.
Saat ini, kita mengenal Facebook, Instagram, dan
Whatsapp sebagai aplikasi sosial media yang paling banyak digunakan di
Indonesia. Dengan jumlah pengguna mencapai jutaan orang, peluang untuk
dikenal puluhan orang atau bahkan jutaan orang tersebut menjadi terbuka
lebar. Jika sudah seperti ini, tidak menutup kemungkinan keuntungan yang
akan anda dapatkan bisa mencapai puluhan juta tiap satu bulan.
Namun,
untuk mencapai kemungkinan itu, tentu saja menayangkan produk anda di
sosial media saja tidak cukup. Perlu dukungan berupa kata-kata promosi
makanan yang menarik agar orang-orang tidak hanya menikmati gambar
makanan tersebut melainkan juga membelinya di toko Anda. Bagaimana
caranya? Mudah saja. Simak puluhan contohnya di bawah ini
Konsep dalam Membuat Promosi Makanan di Media Sosial
Berikut
merupakan beberapa unsur yang wajib hukumnya untuk anda sertakan dalam
iklan promosi. Supaya semakin mudah sudah dicantumkan pula contoh-contoh
kalimat promosi tersebut untuk dijadikan referensi:
1. Unsur attention (menarik pembaca)
Sebagaimana
dalam bentuk tulisan apapun, kalimat pertama kali selalu menentukan
bagi seseorang apakah ia akan melanjutkan membaca tulisan tersebut atau
tidak. Jika kalimat pertama menarik perhatian, ia akan melanjutkan
membaca untuk menemukan jawaban dari rasa penasarannya. Namun jika
kalimat awal membosankan, jangan harap orang mau melanjutkan membaca.
Berikut beberapa contoh cara membuat kalimat attention:
- Perhatian! Jangan sekali-kali membagi camilan ini kepada teman kalian . Dijamin bikin gak kebagian.
- Permisi, bakmi goreng kesukaan jutaan umat mau lewat nih
- Jangan kaget kalau durian dan semangka bisa bersatu dalam satu cup lucu ini.
- Hati-hati ketagihan, sambel hijau bikin susah move on.
- Jus buah? Disini aja.
Sangat menarik, bukan?
2. Value / nilai
Selain
mencari hal-hal yang menarik bagi mereka, konsumen tentu akan
bertanya-tanya mengenai apa manfaat yang bisa mereka dapatkan ketika
mengonsumsi makanan Anda? Tentu saja dalam hal ini, manfaat yang
dimaksud bukan hanya sekedar kenyang dimana perasaan tersebut bisa
didapatkan ketika kita mengonsumsi makanan apapun.
Manfaat ini
bisa berupa kualitas kebersihan dan kesehatan, pengeluaran menjadi lebih
hemat, kemasan yang lebih besar dengan harga murah, atau lain
sebagainya. semakin banyak manfaat yang anda tawarkan, semakin banyak
pula peluang yang bisa anda menangkan. Berikut beberapa contohnya:
- 100% daging sapi asli, tanpa campuran zat berbahaya
- Kopi ini dibuat dengan kopi pilihan, simple untuk diseduh dan bisa diminum dimana saja.
- Mie anti-kolesterol sudah hadir lo di kotamu, pastikan kamu tetap makan makanan kesukaan tanpa perlu takut gemuk-gemuk lagi.
- Dengan
harga termurah, kami menyajikan hidangan nusantara paling lezat dan
khas citarasa Jawa, penasaran? Langsung kunjungi restoran kami
Selain
gencar menawarkan value produk, jangan lupa juga untuk mewujudkan
kualitas tersebut secara konsisten di dalam produk anda.
3. Relevansi / kesesuaian
Yang
dimaksud dengan relevansi disini adalah usaha Anda sebagai seorang
pebisnis untuk merangkul calon konsumen potensial Anda. Dalam artian,
ketika promosi pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu siapa target
pasar Anda.
Misalnya Anda berjualan cookies atau kue-kue basah,
maka konsumen yang paling potensial adalah para ibu-ibu rumah tangga.
Secara kebutuhan, mereka adalah pihak yang paling bertanggung jawab
dalam terselenggaranya acara di rumah, kumpul keluarga besar atau kecil.
Dengan demikin, pikirkan cara untuk menarik kalangan ini
- Kumpul-kumpul keluarga, enaknya siapin apa ya diatas meja? Butter Cookies ini aja!
- Liburan gak sempurna tanpa keripik kentang tanpa minyak yang satu ini
- Siap berpetualang, siapkan energimu dengan X-Men
- Jangan asal beli jajanan ya bun, pastikan si kecil mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi tinggi. Hanya dengan biskuit ini.
4. Mengadakan diskon
Bagi
banyak orang, diskon adalah kesempatan emas. Jika pada hari biasa kita
harus membayar nominal harga secara penuh, ketika diskon kita
mendapatkan potongan harga yang artinya ada sisa yang bisa ditabungkan
atau kebutuhan lainnya. Meskipun nominal ini tak seberapa, selama
istilah diskon atau promo tetap saja sangat menarik.
Selain itu, pastikan juga bahwa kalimat penyampaian diskon tersebut akan efektif dan menarik. Berikut contohnya:
- Ada 100 kotak jelly istimewa buat kamu. Beli 2 gratis 1. Pastikan kamu gak kehabisan ya
- Bulan ini, brownies Y Cuma harga separuh. Harga seratus ribuan, tinggal lima puluh ribuan aja. Buruan serbu, jangan sampai kehabisan !!!
- Dapatkan diskon hingga 50 persen untuk minimal pembelian 10 buah pir
5. Testimoni
Selain
ungkapan-ungkapan manis dari kalimat promosi, konsumen juga membutuhkan
bukti nyata berupa testimoni atau komentar para konsumen yang
sebelumnya sudah pernah melakukan pembelian di bisnis Anda. Umumnya,
testimoni adalah unjuk rasa kepuasan konsumen terhadap produk dan
pelayanan Anda. ‘
Berikut contohnya:
- Ibu Umi-Kediri “beli disini sangat memuskan, rasanya mantap dan kemasannya juga aman dan menarik. Saya rekomendasikan akan rekomendasikan kepada keluarga saya yang lain:
- Karena bakso aci kloter pertama sudah habis, kami memutuskan mulai membuka pemesanan kembali pada ....
- Sudah terbukti sejak 2010
6. Garansi
Bukan
hanya dalam dunia service mesin saja, garansi juga dibutuhkan dalam
bisnis makanan. Terutama kini penjualan makanan juga dilakukan secara
online sehingga anda perlu menjamin kepada konsumen bahwa produk anda
akan mendarat dengan selamat sampai tujuan.
Berikut beberapa contoh bentuk garansi yang bisa anda sebutkan:
- Produk ini sudah tercatat di BPOM dan mendapatkan lisensi halal dari MUI
- Penyimpanan cireng maksimal 4 hari di lemari es. Jika produk tidak bertahan sampai 4 hari, kami siap mengganti
- Produk ini sudah lulus ini QC dan QA
Jangan lupa juga untuk senantiasa mencantumkan informasi yang jelas dan mendetail tentang produk seperti komposisi, tempat produksi, cara penyajian (jika ada), barcode, dan lain sebagainya. Dengan demikian, konsumena akan menjadi lebih yakin terhadap produk anda.
Belum ada Komentar untuk "Cara Promosi Jualan Makanan di WhatsApp, Instagram dan Facebook"
Posting Komentar